#navbar-iframe{opacity:0.0;filter:alpha(Opacity=0)} #navbar-iframe:hover{opacity:1.0;filter:alpha(Opacity=100, FinishedOpacity=100)} .buttonreset { color: #333; background-color: #f3f3f3; border: 1px solid #999; padding: 1px; } .buttonsubmit { color: #333; background-color: #f3f3f3; border: 1px solid #999; padding: 1px; } .textinput { color : #333; background-color: #ffffff; border: 1px solid #999; padding: 1px; }

Kamis, 26 Maret 2009

Pengertian Hypnotherapy

. Kamis, 26 Maret 2009

APA ITU HYPNOSIS?

Hypnosis adalah keadaan alami dari relaksasi total tubuh dimana kondisi kesadaran pikiran meningkat lebih tinggi dari pada biasanya. Ketika memasuki keadaan hypnosis, kesadaran anda terhadap apa yang terjadi sekitar jelas akan berkurang bila dibandingkan kesadaran terhadap perasaan-perasaan di dalam diri anda. Maka dengan sendirinya, anda akan memfokuskan perhatian kepada sugesti yang ditanamkan dalam diri anda sebagai upaya mengatasi suatu masalah. Selama proses hypnosis berlangsung, anda berada dalam tahapan perubahan yang berguna untuk meningkatkan kesadaran diri dan untuk mengakses berbagai sumber positif diri anda.

Satu hal yang harus anda ingat, selama hypnosis berlangsung, anda tidak berada dalam keadaan benar-benar tertidur maupun terjaga. Begitu pula anda tidak akan kehilangan kendali atau kontrol atas diri anda. Dalam keadaan rileks, alam bawah sadar pikiran anda justru lebih dapat menerima sugesti yang masuk dan mampu memberikan respon atas stimulus dari luar, yaitu sugesti yang diberikan, sugesti itu ditunjukkan untuk daerah yang anda ubah pada diri anda.

APA ITU TERAPI?

Menurut kamus besar bahasa indonesia, terapi adalah usaha untuk memulihkan kesehatan orang yang sedang sakit atau dalam perawatan penyakit. Berarti ketika anda mengatakan sedang melakukan terapi berhenti merokok, maka sebenarnya anda sedang dipulihkan dari kebiasaan merokok.

APA ITU HIPNOTERAPI?

Hipnoterapi adalah terapi yang menggunakan hypnosis untuk memfasilitasi perubahan. Sugesti yang telah disetujui sebelumnya ditana ke dalam alam bawah sadar sementara anda berada dalam keadaan rileks terhipnosis. Selama proses hypnosis tersebut berlangsung, anda tidak dapat dan tidak melakukan sesuatu yang tidak anda kehendaki.

BAGAIMANA AGAR SAYA TIDAK BISA DIHIPNOSIS?

Siapapun bisa dihipnosis asal mereka menginginkannya. Namun, ada beberapa orang yang tidak boleh dihipnosis yaitu mereka yang berada dibawah pengaruh alkohol atau obat-obatan terlarang, mereka yang mengalami depresi klinis dan mereka yang menderita epilepsy dan serangan jantung. Jika anda memiliki masalah kesehatan yang serius, anda konsultasikan dahulu dengan dokter anda sebelum anda mengikuti terapi ini.

AKANKAH SAYA TETAP MENGINGAT HAL YANG DIKATAKAN KEPADA SAYA SAAT DIHIPNOSIS?

Mayoritas klien saya mengingat semua hal yang dikatakan kepada mereka selama dirinya dihipnosis. Keadaan hypnosis sesungguhnya tidak berbeda dengan keadaan ketika anda mengantuk dan melamun. Meski merasa rileks, anda tetap saja sadar sepenuhnya terhadap keadaan di sekeliling anda. Anda tidak benar-benar tertidur maupun terjaga. Anda juga tetap akan mendengar segala hal yang terjadi disekitar anda, anda bisa dengan segera membuka mata dan siap menghadapi situasi tersebut.

BAGAIMANA RASANYA DIHIPNOSIS?

Anda akan merasa sangat rileks, seperti dalam keadaan setengah tidur. Tubuh anda mungkin terasa sangat ringan atau sangat berat. Disamping anda merasakan kehangatan menyelimuti tangan atau kaki. Apapun yang anda alami, semua itu sangat alami dan normal adanya. Anda mungkin merasa seolah-oleh tidak bisa bergerak meski anda tahu bahwa anda bisa melakukannya. Sementara anda merasa waktu seakan-akan berjalan begitu cepat ketika anda memasuki tahapan hipnosis. Anda mungkin juga akan mengalami rapid eye movement (REM) atau gerakan kelopak mata yang sangat cepat ketika anda memasuki tahapan hipnosis.

BAGAIMANA HIPNOSIS BEKERJA?

Sugesti yang sebelumnya telah disiapkan, masuk dalam pikiran sadar anda untuk membantu mengatasi permasalahan yang anda hadapi. Contohnya ingin berhenti merokok, menurunkan berat badan, menghilanglkan emosi-emosi negatif atau meningkatkan kosentrasi dan daya ingat.

ADAKAH EFEK SAMPING ATAU NEGATIF HIPNOSIS?

Tidak ada. Selam dalam keadaan hipnosis, anda tetap berada dalam kendali penuh. Anda tidak dapat diperintah untuk melakukan sesuatu yang tidak ada kehendaki. Begitu pula anda tidak akan menerima sugesti apapun yang tidak diterima oleh pikiran anda.

APAKAH HIPNOSIS AKAN MEMBUAT SAYA MELAKUKAN HAL-HAL KONYOL?

Tidak. Sekali lagi saya katakan, anda tidak pernah melakukan apa yang tidak anda inginkan sleam anda berada dalam keadaan hipnosis. Khususnya apa yang bertentangan dengan moral anda. Hanya hipnosis untuk entertaintment saja yang mendorong seseorang melakukan hal-hal konyol, dan ini punsemata untuk kepentingan hiburan. Biasanya orang yang akan dihipnosis pun sudah tahu bahwa ini adalah untuk kepentingan hiburan. Jadi, mereka sudah bersiap-siap untuk melakukan hal-hal konyol yang menghibur penonton. Namun ketika terapi, anda tidak akan diperintahkan melakukan hal-hal konyol.

APAKAH SAYA AKAN KEHILANGAN KENDALI SELAMA SESI BERLANGSUNG?

Tidak. Anda tidak akan kehilangan kendali. Anda berada dalam kendali penuh selama sesi terapi berlangsung dan dapat menghentikan sesi kapanpun anda mau. Anda berada dalam kesadaran penuh dan dapat mendengar apa pun yang terjadi di sekitar anda.seorang hipnoterapis tidak pernah bisa mengambil alih kendali pikiran anda. Ia bertugas sebagai fasilitator lewat sugesti yang diberikan, ahar anda bisa terhindar dari kebiasaan buruk yang anada ingin rubah.

BAGAIMANA JIKA SAYA TIDAK BISA ”KELUAR” DARI KEADAAN HIPNOSIS?

Anda pasti akan bisa keluar dari keadaan hipnosis dengan sendirinya secara alami. Selama sesi, Anda dapat membuka mata kapan pun untuk mengakhiri hipnosis dengan segera Anda dapat memegang kendali penuh selama berlangsungnya sesi. Dengan dibimbing terapis, anda bisa masuk ke dalam keadaan hipnosis selama terapi. Namun, Anda yang berhak memilih untuk terus mengikuti sesi terapi atau tidak.


APA YANG AKAN SAYA RASAKAN SELAMA HIPNOSIS?

Beberapa orang merasa sangat rileks dan mengantuk. Tak sedikit juga yang merasa lebih mudah tidur pada malam hari dibandingkan sebelum mengikuti terapi. Beberapa juga ada yang merasa lebih berenergi keesokan harinya. Mengapa demikian? Semua itu disebabkan karena meningkatnya tingkat oksigen di dalam aliran darah dan keadaan relaksasi yang diciptakan oleh proses hipnosis itu sendiri tentunya dengan kemauan Anda untuk menjadi lebih baik.



4 komentar:

The Person Can Creative mengatakan...

http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/4.gif kk bagus tuch nih bleh ku kasih puisi g di comment nya
????

vie my self mengatakan...

ok...makasih...silahkan de' kalo mo taro puisi...dengan senang hati:D

Misbahussurur, Drs., CHt. mengatakan...

Pengertian hypnosis diatas sudah benar, kecuali kata relaksasi tubuh, karena relaksasi tubuh saat hipnosis hanya salah satu cara dalam menghipnotis.

Hypnosis tidak selalu dengan relaksasi tubuh. Ada cara-cara lain selain relaksasi tubuh.

Anonim mengatakan...

Kalo kuliah di psikologi apa bisa jd seorang hypnotherapist? :)

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

 
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com | Power by blogtemplate4u.com